Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Membuat Makalah

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Membuat Makalah
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Membuat Makalah

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis. Menyambung postingan saya tentang Cara Mengetik Dan Mengedit Makalah Dengan Cepat maka kali ini saya akan melanjutkannya dengan cara membuat daftar isi yang berdasar pada pembuatan heading dengan style.

Mungkin kata-kata saya sedikit membingungkan, ya? 😅 Tetapi pada intinya saya ingin membagikan cara membuat daftar isi otomatis, sekaligus membagikan manfaat mengedit makalah dengan menggunakan style di microsoft word yang pernah saya postingkan sebelumnya.

Memang di internet banyak sekali cara-cara membuat daftar isi namun saya akan membagikan cara ini, yang mana jarang sekali ada yang men-tutorial-kan. Dengan kata lain, lain daripada yang lain, 😆.

Baik langsung saja ikuti langkah-langkah berikut.

Cara membuat daftar isi otomatis

Terdapat 2 langkah utama yang harus kita lakukan untuk menggunakan metode ini adalah berikut :

A. Persiapan daftar isi otomatis

1. Ikuti dulu langkah awal seperti yang saya berikan pada postingan terdahulu. https://is.gd/editmakalah atau juga bisa dilihat di video ini : https://is.gd/videditmakalah WAJIB!!!
2. Setelah semua heading terbentuk, kita buat halaman dimana daftar isi akan ditempatkan.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

3. Buatlah penomoran halaman dengan cara pergi ke menu Insert ⇒ Page Number. Silakan pilih penempatannya, boleh di atas atau di bawah.
Nb : Biasanya pada sebuah makalah dibedakan antara halaman awal dan halaman utama. Biasanya pada halaman awal penomorannya menggunakan format : i, ii, iii dst, sedangkan pada halaman utama digunakan pemformatan : 1, 2, 3, dst. Untuk langkah-langkahnya tidak saya terangkan di sini, silakan lihat videonya di link video pada langkah nomor 1.
Cara Membuat Daftar Isi Makalah


B. Membuat daftar isi

Setelah persiapan nomor 1 sampai dengan 3 sudah selesai, kita sudah siap untuk membuat daftar isi, yaitu dengan menuju menu ReferencesTable of Contens kemudian pilih format yang diinginkan. Selesai.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Membuat Makalah

Hanya begitu? 😦 Iya, hanya begitu, selesai 😅.

Sebagai catatan, dengan menggunakan metode ini jika suatu ketika kita merevisi makalah tersebut dan terjadi perubahan artikel terhadap halaman, kita tinggal update dengan cara :
1. Sorot / letakkan kursor di daftar isi tersebut, nanti akan muncul kolom bertuliskan Update Table...
Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Membuat Makalah

2. Akan muncul 2 pilihan silakan pilih salah satu antara update page number only (hanya merubah nomor halaman saja) dan jika kita menambahkan poin heading, seperti misal kita menambahkan lagi satu buah heading 3, maka kita perlu meng-klik update entire table (merubah semua format) sehingga heading yang baru akan masuk ke dalam form daftar isi.
Membuat Daftar Isi Otomatis

3. Hapus tulisan Contens diatas form daftar isi.

Satu lagi kelebihan dari metode ini, jika kita akan menuju pada salah satu halaman dimana terdapat heading, kita hanya perlu menuju daftar isi kemudian letakkan kursor pada nomor halaman kemudian pencet tombol Cntrl+klik, maka kita akan langsung menuju halaman yang dimaksut.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Makalah

Untuk tutorial selengkapnya silakan lihat video di bawah :


Demikian artikel tentang Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Membuat Makalah, semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca postingan Agung Jaka Nugraha. Wassalam.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Membuat Makalah